Skip to main content

Posts

Pong

Implementasi Pong Game metode Pemrograman Berbasis Objek dengan menggunakan BlueJ Class yang akan diimplementasi pada BlueJ : Pong (Class yang berfungsi sebagai main agar Game dapat dijalankan) Ball (Class yang berfungsi untuk mengatur pergerakan, tabrakan, dan perubahan arah bola) Paddle (Class yang berfungsi untuk mengatur pergerakan, kecepatan, dan input paddle dari tiap pemain) Renderer (Class yang berfungsi untuk mengatur hal yang berkaitan dengan fungsi grafis dari Game yang diimplementasi) Source Code Pong package pong; import java.awt.BasicStroke; import java.awt.Color; import java.awt.Font; import java.awt.Graphics2D; import java.awt.RenderingHints; import java.awt.event.ActionEvent; import java.awt.event.ActionListener; import java.awt.event.KeyEvent; import java.awt.event.KeyListener; import java.util.Random; import javax.swing.JFrame; import javax.swing.Timer; /** * Main Class dari Game * * @autho...

Image Viewer GUI 3.0

Implementasi Object-Oriented Programming dari Image Viewer, merupakan modifikasi dari postingan Image Viewer GUI yang sebelumnya, library yang dibutuhkan : Awt (Event, Image, Color, Event) Swing File IO Class yang diimplementasikan antara lain : ImageViewer (Sebagai main class yang melakukan display image pada aplikasi GUI) ImagePanel (Sebagai class yang menampilkan OFImage serta menambah functionality) ImageFileManager (Sebagai class utility untuk melakukan load image) OFImage (Sebagai class yang mendefinisikan image sebagai object) Abstract Class   Filter (Sebagai class yang mengatur fungsional filter yang berguna untuk memanipulasi gambar) dioverride oleh : DarkerFilter (Sebagai class yang berfungsi untuk mengubah gambar menjadi lebih gelap) LighterFilter (Sebagai class yang berfungsi untuk mengubah gambar menjadi lebih terang) ThresholdFilter (Sebagai class yang berfungsi untuk mengubah gambar dari warna menjadi gambar grayscale) FishEyeFilter (Sebagai class ...

Image Viewer GUI

Implementasi Object-Oriented Programming dari Image Viewer yang berfungsi untuk melakukan load sebuah gambar dan memungkinkan dilakukannya manipulasi gambar. Library Java yang digunakan dalam project ini antara lain : Awt (Event, Image) Swing File IO Class yang diimplementasikan antara lain : ImageViewer (Sebagai main class yang melakukan display image pada aplikasi GUI) ImagePanel (Sebagai class yang menampilkan OFImage serta menambah functionality) ImageFileManager (Sebagai class utility untuk melakukan load image) OFImage (Sebagai class yang mendefinisikan image sebagai object) Source Code ImageViewer import java.awt.*; import java.awt.event.*; import java.awt.image.*; import javax.swing.*; import java.io.File; /**  *  * @author Satria Ade Veda Karuniawan  * @version 1.0  */ public class ImageViewer {     // static fields:     private static final String VERSION = "Version 1.0";     private st...

Fox And Rabbit

Implementasi Fox and Rabbit berupa simulasi hubungan antara predator (dalam hal ini Fox) dan prey (dalam hal ini Rabbit), digunakan 9 class : Simulator (sebagai class utama yang digunakan untuk melakukan simulasi) SimulatorView (sebagai pengatur tampilan yang diimplementasikan pada class Simulator) Field (sebagai class yang mengatur dan memanipulasi bidang simulasi yang telah ditentukan) FieldStats (sebagai class berupa value holder yang menyimpan kondisi dari Field) Counter (sebagai class penghitung seperti increment dan reset value) Location (sebagai class yang memiliki informasi posisi pada Field) Randomizer (sebagai class yang mengatur nilai random) Fox (sebagai class simulator yang bertindak sebagai predator) Rabbit (sebagai class simulator yang bertindak sebagai prey) Source Code Simulator import java.util.Random; import java.util.List; import java.util.ArrayList; import java.util.Iterator; import java.awt.Color; import java.util.concurrent.TimeUnit; impo...