Skip to main content

Auction System

Membuat simulasi Auction (Exercise 4.14 Objects-First-with-Java-A-Practical-Introduction-Using-BlueJ-David-J-Barnes), dengan class sebagai berikut :

  1. Auction Class
  2. Lot Class
  3. Bid Class (Class yang harus dilengkapi)
  4. Person Class (Class yang harus dilengkapi)

Auction Class (sebagai class tempat terjadinya proses Auction)
Source Code :
import java.util.ArrayList;
/**
 * Class Utama tempat proses Auction dilakukan
 *
 * @author Satria Ade Veda Karuniawan
 * @version 1.0
 */
public class Auction
{
    private ArrayList<Lot> lots;
    private int nextLotNumber;

    //Constructor
    public Auction()
    {
        lots = new ArrayList<Lot>();
        nextLotNumber = 1;
    }

    //Mendaftarkan lot baru
    public void enterLot(String description)
    {
        lots.add(new Lot(nextLotNumber, description));
        nextLotNumber++;
    }
 
    //Print Semua Lot
    public void showLots()
    {
        for(Lot lot : lots) {
            System.out.println(lot.toString());
        }
    }
 
    //Melakukan Bid pada suatu Lot
    public void makeABid(int lotNumber, Person bidder, long value)
    {
        Lot selectedLot = getLot(lotNumber);
        if(selectedLot != null) {
            Bid bid = new Bid(bidder, value);
            boolean successful = selectedLot.bidFor(bid);
            if(successful) {
                System.out.println("Bid untuk Lot pada urutan " +
                 lotNumber + " sukses didaftarkan.");
            }
            else {
                Bid highestBid = selectedLot.getHighestBid();
                System.out.println("Lot urutan ke: " + lotNumber +
                " memiliki Bid sebesar: " +
                highestBid.getValue());
            }
        }
    }
 
    //Mencari Lot yang terdaftar
    public Lot getLot(int lotNumber)
    {
        if((lotNumber >= 1) && (lotNumber < nextLotNumber)) {
            Lot selectedLot = lots.get(lotNumber-1);
         
            if(selectedLot.getNumber() != lotNumber) {
                 System.out.println("Internal error: Lot urutan ke " +
                selectedLot.getNumber() +
                " dimunculkan, sebagai ganti dari " +
                lotNumber);
                selectedLot = null;
            }
            return selectedLot;
        }
        else {
            System.out.println("Lot urutan ke: " + lotNumber +
            " tidak ditemukan.");
            return null;
        }
    }
}

Lot Class (sebagai class untuk mendaftarkan dan menyimpan data Lot)
Source Code :
/**
 * Class yang berfungsi untuk mendaftarkan serta menyimpan deskripsi Lot
 *
 * @author Satria Ade Veda Karuniawan
 * @version 1.0
 */
public class Lot
{
    //ID Lot
    private final int number;
    //Deskripsi dari sebuah Lot
    private String description;
    //Bid tertinggi dari Lot
    private Bid highestBid;

    //Constructor
    public Lot(int number, String description)
    {
        this.number = number;
        this.description = description;
        this.highestBid = null;
    }

 
    public boolean bidFor(Bid bid)
    {
        if(highestBid == null) {
            //Bid belum ada
            highestBid = bid;
            return true;
        }
        else if(bid.getValue() > highestBid.getValue()) {
            //Bid lebih besar dari nilai Bid sebelumnya
            highestBid = bid;
            return true;
        }
        else {
            //Bid lebih kecil dari nilai Bid sebelumnya
            return false;
        }
    }
 
    //Deskripsi rincian Lot
    public String toString()
    {
        String details = number + ": " + description;
        if(highestBid != null) {
            details += "    Bid: " +
                       highestBid.getValue();
        }
        else {
            details += "    (No bid)";
        }
        return details;
    }

    //Return ID Lot
    public int getNumber()
    {
        return number;
    }

    //Return Deskripsi Lot
    public String getDescription()
    {
        return description;
    }

    //Return Bid tertinggi
    public Bid getHighestBid()
    {
        return highestBid;
    }
}

Bid Class (sebagai penyimpan nilai/informasi Bid)
Source Code :
/**
 * Class yang berfungsi sebagai penyimpan nilai/informasi Bid
 *
 * @author Satria Ade Veda Karuniawan
 * @version 1.0
 */
public class Bid
{
    //variable yang hanya bisa diinisialisasi 1 kali
    private final Person biddername;
    private final long value;

    public Bid(Person name, long v)
    {
        this.biddername = name;
        this.value = v;
    }

    //value nama bidder
    public Person getBidder()
    {
        return biddername;
    }

    //value berupa nilai bid
    public long getValue()
    {
        return value;
    }
}

Person Class (sebagai penyimpan data tiap Orang)
Source Code :
/**
 * Class yang berfungsi untuk penyimpan data Orang
 *
 * @author Satria Ade Veda Karuniawan
 * @version 1.0
 */
public class Person
{
    //variable final untuk nama orang (1 kali inisialisasi)
    private final String personname;

    //constructor
    public Person(String name)
    {
        this.personname = name;
    }

    //value berupa nama orang
    public String getName()
    {
        return personname;
    }
}

Tampilan WorkSpace

Comments

Popular posts from this blog

Ticketing Machine

Pembuatan simulasi Ticketing Machine menggunakan OOP Class yang digunakan di dalam Project terdiri atas : Main class TicketMachine class Destination class Library yang digunakan di dalam Project adalah java.util.Scanner Source code Destination class /**  * A class which describes Destination  *  * @author Satria Ade Veda Karuniawan  * @version version 1.0  */ public class Destination {     private String Station;     private int PriceAdult;     private int PriceChild;     //Struct destination       public Destination(String name)     {         Station = name;         PriceAdult = 0;         PriceChild = 0;     }       public void SetInfo(int pa, int pc)     {         PriceAdult = pa;         PriceChild = pc;   ...

Clock

Pembuatan Clock menggunakan BlueJ Class yang digunakan sebagai berikut : Main Clock : digunakan sebagai penghubung antara NumberDisplay dan ClockMechanics NumberDisplay : digunakan sebagai format output number pada jam ClockMechanics : digunakan sebagai pengatur mekanisme jam Main Clock Source Code import java.util.concurrent.TimeUnit; /**  * MainClock class as connector NumberDisplay and ClockMechanics class  *  * @author Satria Ade Veda Karuniawan  * @version Version 1.0  */ public class MainClock {     NumberDisplay numberobj = new NumberDisplay();     ClockMechanics clockobj = new ClockMechanics();     int Marker = 0;     private String[] time_now = {"","","","","","",""};     private String[] converter = new String[7];     public MainClock()     {         while(true)         {            ...

Image Viewer GUI

Implementasi Object-Oriented Programming dari Image Viewer yang berfungsi untuk melakukan load sebuah gambar dan memungkinkan dilakukannya manipulasi gambar. Library Java yang digunakan dalam project ini antara lain : Awt (Event, Image) Swing File IO Class yang diimplementasikan antara lain : ImageViewer (Sebagai main class yang melakukan display image pada aplikasi GUI) ImagePanel (Sebagai class yang menampilkan OFImage serta menambah functionality) ImageFileManager (Sebagai class utility untuk melakukan load image) OFImage (Sebagai class yang mendefinisikan image sebagai object) Source Code ImageViewer import java.awt.*; import java.awt.event.*; import java.awt.image.*; import javax.swing.*; import java.io.File; /**  *  * @author Satria Ade Veda Karuniawan  * @version 1.0  */ public class ImageViewer {     // static fields:     private static final String VERSION = "Version 1.0";     private st...